Jambore Pramuka SIT Fithrah Insani 2014

Gerakan Pramuka adalah sebuah gerakan yang telah sangat lama di Indonesia. Pramuka ini didedikasikan untuk mendorong semangat membangun NKRI secara bersama seraya berkontribusi dalam membentuk Karakter generasi muda

Pada tanggal 3 Juni 2008, saat penutupan Kemah Nasional Pandu SIT telah dideklarasikan terbentuknya Pramuka Sekolah Islam Terpadu (Pramuka SIT) melalui hasil Munasis pengurus Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Pusat dan wilayah. Seiring perjalanan waktu, dengan terbitnya Undang-undang No.12 tahun 2010, di mana di dalam UU ini terdapat nomenklatur Satuan Komunitas, yaitu gugus depan yang memiliki kesamaan profesi, agama, latar belakang dan sebagainya. Mengacu pada hal tersebut, Kwartir Nasional memberikan tambahan kata SAKO di depan kata Pramuka SIT sebagai sebuah komunitas yang telah lama berkiprah bagi negeri ini melalui JSIT Jaringan Sekolah Islam Terpadu. SAKO Pramuka SIT tersebut dikukuhkan pada tanggal 25 November 2013.

Sebagai mitra Gerakan Pramuka, SAKO Pramuka SIT secara mandiri telah berupaya menyelenggarakan berbagai kegiatan kepramukaan baik tingkat cabang hingga tingkat Nasional, bahkan sampai tingkat regional di luar negeri.

SAKO Pramuka SIT memiliki motto “Dengan Islam kami terus melangkah, dengan Taqwa kami meraih cita” dan bersama mencapai visi “menjadikan Taqwa, Tangguh, Tangkas dan Teguh dalam pribadi yang sholih.” bagi para pembina dan peserta didiknya.

SIT Fithrah Insani sebagai bagian dari JSIT, SIT Fithrah Insani juga memiliki Pramuka SIT. Dalam salah satu kegiatannya adalah melaksanakan kemah bagi para siswa dan siswi di SDIT, SMPIT, SMAIT, dan SMK Fithrah Insani.

Tahun 2014 ini Pramuka SIT Fithrah Insani mengadakan kemah bersama seluruh sekolah yang ada di bawah pengelolaan YFIB dengan acara Jambore Pramuka SIT Fithrah Insani 2014 yang diadakan pada bulan Juli 2014 di Bumi Perkemahan Kiara Payung – sumedang -Jawa Barat. Jambore ini diikuti anggota Pramuka SIT dari SDIT FI-1, SDIT FI-2, SMPIT FI-1, dan SMPIT FI-2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *