Keutamaan Silaturahim

Momentum iedul fithri bagi masyarakat di Indonesia merupakan momentum yang luar biasa. Biasanya pada liburan iedul fithri ini terjadi pergerakan manusia secara bersamaan yang luar biasa yang melibatkan jutaan orang.

Mereka bergerak dari satu rumah ke rumah lain, dari satu kampung ke kampung lain, dari satu kota ke kota lain…, bahkan dari satu pulau ke pulau lain. Yang merantau mengumpulkan dana untuk bisa pulang kampung pada momentum iedul fithri.

Yaa.., mereka melakukan gerakan silaturahim akbar di setiap tahunnya. Lalu apa sih keutamaan silaturahim itu?

Rasulullah SAW menjelaskan bagaimana keutamaan silaturahim bagi muslim melalui sabda beliau yang terrekam di sebuah hadits berikut :

Sesungguhnya seseorang ada yang ingin mengunjungi saudaranya di kota lain. Allah lalu mengutus malaikat untuknya di jalan yang akan ia lalui. Malaikat itu pun berjumpa dengannya seraya bertanya, ‘Ke mana engkau akan pergi? Ia menjawab, ‘Aku ingin mengunjungi saudaraku di kota ini?’ Malaikat itu bertanya kembali, ‘Apakah ada suatu nikmat yang terkumpul untukmu karena sebab dia?’ Ia menjawab, ‘Tidak. Aku hanya mencintai dia karena Allah ‘azza wa jalla.’ Malaikat itu berkata, ‘Sesungguhnya aku adalah utusan Allah untukmu. Allah sungguh mencintaimu karena kecintaan engkau padanya.”
(HR. Muslim no. 2567)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *